Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!


Bongkar Pasang Karburator

Sabtu, 08 Juni 2013

Bongkar Pasang Karburator






Karburator merupakan parts yang mempunyai peran yang sangat penting pada kendaraan bermotor (sepeda motor). Karena tanpa adanya karburator, mesin tidak akan dapat bekerja atau jalan.


Agar sepeda motor Anda selalu sehat dan selalu mendapatkan stamina yang selalu diidam-idamkan setiap pengguna sepeda motor, maka sebaiknya Anda harus rajin-rajin melakukan perawatan pada part yang merupakan jantungnya sepeda motor ini.
Karena apabila dibiarkan dapat menyebabkan adanya penyumbatan aliran bahan bakar pada karburator yang akan membawa petaka pada sepeda motor kesayangan Anda.
Cara membersihkan karburator itu sangat simple, mulai dari bersihkan, pasang, hingga setting karburator harus dilakukan secara teliti.
Berikut cara-cara yang pastinya berguna untuk Anda mulai dari bongkar, bersihkan, pasang, hingga setting karburator akan dikupas tuntas disini.
Buka karburator, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Disarankan membukanya dengan kunci-kunci yang sesuai agar tidak mudah dol. Setelah itu lepas komponen karburator dan tempatkan ke dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biasanya kebanyakan orang menggunakan bensin untuk membersihkannya.
Lepas mangkok karburator yang didalamnya terdiri dari pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.
Setelah semuanya sudah terlepas, bersihkan karburator dengan kuas dan semprot dengan angin. Kotoran-kotoran yang menempel pada spuyer dapat dibersihkan dengan menggunakan amplas, namun jangan terlalu kuat dan lama karena dapat merubah ukuran diameternya.
Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengencangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
Sebelum dipasang komponen- komponen karburator sebaiknya jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.
Setelah itu, pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin- angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.
Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.
Nah, sekarang Anda akan mudah untuk melakukannya dengan panduan seperti ini.

Selamat Mencoba

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar