Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!


Cara Merawat Tangki Sepeda Motor

Sabtu, 08 Juni 2013

Cara Merawat Tangki Sepeda Motor



Usia sepeda motor anda sudah 2 tahunan atau lebih,silahkan cek apa yang ada dalam tangki bensin sepeda motor anda. Pastinya bensin kan..!!
Perlu diingat bahwa didalam tangki ada udara,uap bensin, bensin dan mungkin benda-benda aneh yang tidak sengaja masuk. Uap bensin dan udara didalam tangki akan menyebabkan terbentuknya titik-titik embun dan dalam jangka panjang akan terkumpul air didasar tangki bensin yang akan mengakibatkan korosi dan akhirnya tangki bensin bocor.

Untuk itu, lakukan perawatan dengan cara menguras tangki bensih setiap 1 tahun sekali. Untuk motor laki yang tutup tangkinya diatas dan mudah kemasukan air jika lagi musim hujan, maka periodik pengurasan tangki bisa dilakukan 6 bulan sekali.

cara membersihkan kerak tangki:

1. Kuras bensin sampai habis.

2. Copot tangki bensin dengan melepas selang ke karbu/ keran dan lepas baut pengikat tangki.

3. Jika sudah terlepas, tutup lubang outlet bensin, tuangkan bensin kira2 1 gelas atau 2 gelas kalau kurang banyak ya 1 liter. Kemudian tutup tangki, dan kocok-kocok beberapa menit. sesudah itu posisikan outlet tangki berada dibawah supaya kotoran mengendap di sekitar lubang outlet tangki, sehingga ketika kita melepas sumbat yang ada di outlet tangki, kotoran langsung keluar.

jangan heran kalau di tangki bensin anda ternyata berisi air lumayan banyak, dan seember kotoran korosi/ karat yang rontok.

atau

1. Beli biang gula di toko yang jual bahan makanan/kue, cukup rp. 2000 satu bungkus.
2. Campur biang gula (cukup seperempat aja) dengan air panas (setengah gayung), masukan bubuk deterjen (setengah sendok makan).
3. Aduk biar larut, oleskkan larutan tadi pada permuakaan kotoran yang menempel. Biarkan selama 5 menit.
4. Lalu bilas dengan air bersih dan jangan lupa dilap sampai kering. Beres deh.
Hal ini dapat dilakukan pada permukaan besi atau plastik. Silakan dibuktikan.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar